My #365WritingProject


Tahun 2015 ini sengaja bikin #365writingproject, yaitu nulis (dan kalau bisa posting di blog) 365 tulisan dalam satu tahun, atau satu tulisan satu hari. Niatnya biar makin konsisten nulis, karena selama ini memang saya belum bisa konsisten. Bahkan kadang dalam satu bulan tidak menulis sama sekali. Terus terang ini tantangan berat buat saya. Apalagi status saya adalah budak korporasi yang harus kerja seharian penuh dari Senin-Jumat, sedangkan di akhir pekan saya aktif berkegiatan sosial di Komunitas Jendela. Terkadang, kegiatan saya di akhir pekan bisa sampai malam hari, sehingga praktis waktu menulis kurang.
Tapi, saya tidak akan bertumbuh kalau memasang target di level yang ‘pasti akan tercapai’. Ibarat seorang atlit, saya harus terus meningkatkan level latihan kalau mau menang, apalagi memecahkan rekor.

“Hard work beats talent when talent doesn’t work hard” – Tim Notke

Punya bakat tertentu bukan jaminan kita untuk menjadi orang hebat, kerja keraslah yang akan menjadikan kita sehebat yang kita mau. That’s the reason why I always try to set my bar high, sometimes even higher than others. Karna dari kecil saya sudah harus menghadapi banyak kesulitan dan kesusahan, kerja keras adalah satu-satunya pilihan untuk bisa bertahan hidup. Apalagi, saya ini sebenarnya pemalas, lebih senang bermalas-malasan daripada mengerjakan sesuatu hal. Untuk melawan rasa malas, saya sering menulis berbagai target yang harus dicapai. Tujuannya agar memaksa tubuh saya ‘bergerak’.

20150102-224449.jpg
Benar kata Malcolm Gladwell di atas. Latihan lah yang akan membuat kita hebat, bukan karena kita hebat dan berbakat jadi harus berlatih. #365writingproject saya buat agar saya bisa terus latihan menulis. Lebih tepatnya, saya memaksa diri saya berlatih menulis. Setiap hari.

Ini adalah hari kedua proyek menulis ini dimulai. Terus terang ini bukan hal mudah. Seharian tadi saya mencari ide menulis, dan tak kunjung ketemu. Sepertinya memang benar, terlalu sibuk mencari justru membuat kita tak menemukan apa-apa. Seringkali ketika saya berniat mau beli baju atau sepatu, rasanya sulit menemukan yang pas meski sudah keluar-masuk berbagai toko. Tapi ketika saya sedang mengantarkan teman belanja, atau tak sengaja melewati sebuah toko, saya seringkali ‘tanpa sengaja’ menemukan barang yang sesuai dengan kebutuhan (atau keinginan) saya. Jadi buat para suami, hati-hati kalau istri bilang “cuma mau lihat-lihat aja kok”, sambil berjalan memasuki toko. šŸ˜€

Mungkin ini ada kaitannya dengan aktivitas otak kanan maupun kiri. Ketika kita berusaha mencari sesuatu, otak kiri akan lebih dominan bekerja, karena ini berhubungan dengan aktivitas mengingat dan melakukan analisa untuk membuat pilihan. Sedangkan jika kita menemukan sesuatu tanpa sengaja, otak kanan yang mengambil kendali, karena ini berkaitan dengan proses emosi ‘menyukai sesuatu’. Setiap orang diyakini memiliki dominasi peran otak yang berbeda, ada yang dominan kiri dan ada yang kanan. Tapi dalam setiap proses pengambilan keputusan, kedua bagian otak sama-sama dilibatkan.

Dalam banyak hal, saya lebih sering didominasi otak kiri. Jadilah saya seorang pemikir, yang sering melihat segala sesuatu dengan (terlalu) detail, dan berujung selektif dalam memilih. Itulah kenapa, terlalu sibuk mencari justru tak menghasilkan apa-apa buat saya. Itulah kenapa, saya sering kesulitan menentukan tema tulisan, dan berujung tak membuat satu pun tulisan. Barangkali karena saya terlalu sibuk memilih apa yang (mungkin) disukai pembaca blog saya, bukannya apa yang memang saya suka dan ingin saya tulis. Barangkali sudah saatnya, saya harus lebih banyak melibatkan otak kanan saya dalam memilih.
Atau mungkin saya memang tak boleh terlalu sibuk mencari…. šŸ™‚

“Seringkali ketika kita terlalu sibuk mencari, kita justru tak menemukan apa-apa”

Leave a Reply

