Perenungan


Hari ini, Minggu, 21 Juli 2013… Saya genap menjalani hidup selama 27 tahun. Usia yang tak lagi muda jika ditilik dari tahap-tahap perkembangan manusia. Usia yang (harusnya) sudah memasuki masa Dewasa. Sudah dewasakah saya? Entah.

Pertambahan usia seringkali dirayakan sebagai sesuatu hal yang menggembirakan. Entah dengan birthday cake, nasi tumpeng, traktir-menraktir, atau yang ekstrim dengan saling lempar telur dan tepung. Pengalaman pertama saya (semoga yang terakhir) dilempar telur adalah di ultah saya yang ke-19 (kalau tidak salah). Waktu itu sudah lewat tanggal 21 sebenarnya, dengan sengaja saya dikelabui oleh teman2 kos, dan puaslah mereka melempari saya dengan telur-tepung-air-masako. Alhasil saya muntah-muntah di kamar mandi karena tidak tahan dengan bau telur mentah yang menempel di rambut dan sekujur tubuh saya. Saya senang hari ulang tahun saya diingat…tapi saya menjadi tidak bahagia karena bau telur yang tidak menyenangkan.

Mungkin Tuhan tahu saya tidak begitu suka perayaan, maka tanggal ulang tahun saya sering sekali jatuh di hari libur. Dan pernah pula saya ulang tahun di saat kaki sedang cidera, sehingga teman kos tidak tega ngerjain saya….maka tragedi telur-tepung di ultah ke-19 itulah yang jadi tragedi ultah terakhir di hidup saya (semoga). 😀

Saya tidak suka perayaan bukan karena tidak menghargai perhatian orang-orang sekitar. Mungkin karena memang dari kecil tidak terbiasa dengan tradisi perayaan ultah…dan lebih mungkin lagi karena sebuah pertanyaan yang sering mampir di pikiran saya “Apa hidup saya ini sudah berguna hingga pantas untuk dirayakan?”

Umur saya sudah 27 sekarang. Umur yang tak lagi muda…kecuali dari sudut pandang ibu saya tentu saja. Dan di umur yang sudah hampir kepala tiga ini, saya belum punya karya apa-apa. Saya sudah sering berkoar-koar soal kegiatan sosial yang saya kerjakan, tapi hasilnya belum juga terpampang nyata (kalau boleh meminjam istilah Syahrini). Saya sering berjanji pada diri sendiri untuk segera menerbitkan buku. Hasilnya? Nol besar. Saya ini ngaku lulusan S2, tapi di kantor kerja asal-asalan dan tak banyak berkontribusi. Saya berjanji akan membawa Ibu saya keliling Ka’bah, tapi hingga detik ini saya belum punya tabungan se-sen pun untuk memenuhi janji itu. Saya berjanji ingin jadi orang yang lebih baik setiap harinya, tapi akhir-akhir ini saya malah lebih sering marah-marah, mengeluh, dan bahkan menggunjingkan orang.

Dari sisi pencapaian, sama sekali tidak ada yang layak dijadikan bahan perayaan. Barangkali satu-satunya yang bisa dirayakan adalah kenyataan bahwa saya masih hidup hingga detik ini. Artinya, saya masih punya kesempatan entah-sampai-kapan untuk kembali menuliskan cita-cita besar saya di atas di lembaran buku impian….lalu kembali mempertanyakannya tahun depan. Maka berbahagialah siapa pun kalian yang setiap tahun, khususnya di tanggal kalian dilahirkan, bisa merayakan sesuatu pencapaian yang positif. Jangan seperti orang pada umumnya….setiap tahun hanya merayakan hal yang sama “Merayakan kesempatan hidup yang masih didapat….lalu membangun mimpi baru tanpa usaha sekuat tenaga untuk mewujudkannya”

Untuk siapapun yang juga sedang berulang tahun, saya ucapkan “Selamat….selamat atas apapun pencapaian positif yang kalian buat hingga detik ini. Selamat karena masih diberi kesempatan hidup untuk memperbaiki diri, dan melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk orang lain.”

Karena hidup hari ini sungguh celaka jika lebih buruk dari kemarin, hidup hari ini merugi jika sekedar sama dengan kemarin…dan sungguh sebaik-baik manusia adalah yang hidupnya esok selalu lebih baik dari hari ini. Mari berbenah.

Jakarta, 21 Juli 2013

One thought on “Perenungan”

Leave a Reply

