Days in the Bugis Land (1st day)

Good morning from Makassar.

Yup… Pagi ini saya posting blog dari kota Bugis, Makassar! Eniwei, selama ini saya taunya Makasar itu nulisnya dengan satu ‘s’…setelah sampai di kota ini, dan berfoto di depan tulisan ‘city of Makassar’, saya baru tahu kalo ternyata penulisan yang benar untuk nama kota kelahiran petinggi PMI ini adalah M-A-K-A-S-S-A-R, dengan dua ‘s’.

Saya berangkat dari Jakarta hari Minggu sekitar pukul 15.00, dan sampai di Makassar hari Minggu petang, sekitar pukul 18.30 waktu setempat. Penerbangan sekitar 2 jam yang cukup menyenangkan, meski sempat bertemu cuaca yang kurang bersahabat. Begitu turun dari pesawat, saya dan teman-teman yang berangkat bareng dari Jakarta langsung foto-foto dengan noraknya. Betapa tidak, bandara Sultan Hasanuddin ternyata adalah salah satu bandara internasional di Indonesia yang sangat bagus dan besar. Bahkan, menurut saya, bandara ini lebih bagus dan lebih besar dari bandara Soetta. What a wow…sangat rugi kalau tidak diabadikan. 😀

Beruntung kami sudah ada yang menjemput begitu keluar dari bandara. Kami rombongan berenam, masing-masing membawa koper seukuran 15-20kg, dan dijemput dengan mobil berkapasitas 7 orang. Bisa dibayangkan betapa kami harus bersempit-sempit di dalam mobil. Brhubung badan saya paling kecil, alhasil saya harus betah dipangku selama kurang lebih satu jam perjalanan menuju penginapan.

Terus terang saya tidak punya ekspektasi apapun terhadap kota Makasar, dan sengaja tidak mencari info apapun di google tentang kota ini sebelum berangkat. Jadilah saya begitu menikmati kejutan-kejutan yang saya temui di sepanjang perjalanan. Seperti, misalnya, macetnya salah satu ruas jalan yang kami lalui, hingga teman saya tanpa sadar bergumam, “Oo..di Makasar macet juga ya?” Atau tentang suasana menjelang pemilu walikota yang membuat kota Makassar dipenuhi hiasan kampanye. Tawa kami pun pecah saat menemukan salah satu spanduk calon Walikota bertuliskan, “Ya Allah, semoga hamba menjadi walikota Makasar periode 2014-2019”. Busetttt….desperate banget calon walikotanya…:))))

Singkat cerita, sampailah kami di penginapan salah satu teman kami di hotel Clarion, yang sekaligus jadi tempat acara kami beberapa hari ke depan. Weeeww… Kami pun berdecak kagum karena melihat hotelnya yang cukup mewah. Perjalanan dilanjutkan setelah teman saya turun di lobi hotel Clarion, menuju hotel yang akan saya tempati bersama teman-teman saya yang lain sampai hari Rabu. Sempat agak curiga karena jalan yang kami tuju berbelok ke jalanan yang agak sempit dan gelap. Dannn…. Saat sampai di depan hotel kami terbengong-bengong. Lobi hotel ditutup di kanan & kiri oleh mobil yang sedang parkir, dan tidak ada seorang petugas pun yang stand by memberikan informasi. Setelah sempat memutar, barulah kami paham kalau ternyata jalan masuk dialihkan melalui parkir di basement. Kami hanya bisa saling pandang dengan tatapan ‘this-is-weird’.

Setelah check in, kami segera menuju kamar masing-masing untuk menyimpan koper, lalu langsung keluar lagi menuju Mall Ratu Indah. Hanya dalam waktu beberapa menit, taksi telah membawa kami sampai di sebuah bangunan yang tidak terlalu besar dan sedikit gelap. Barangkali kalau tidak ada Starbucks di depannya, saya tidak akan percaya kalau bangunan itulah yang disebut Mall Ratu Indah. Serius…ini bukan karena saya sudah terlalu lama di ibukota atau apa. Tapi bahkan satu-satunya mall yang ada di Magelang (sekarang) pun lebih ‘tampak mall’ dibanding bangunan tersebut. Kalau tidak percaya….silahkan datang ke Makasar! 😀

Eniwei, malam pertama saya di Makasar berakhir indah dengan seporsi Chicken Hazle Nut (lupa nama makanannya apa) dan secangkir Chammomile tea di Black Canyon coffee. Teh yang katanya dari surga, seperti tertulis di cangkirnya: “A drink from Paradise…available on Earth.” Nice… 😉

One thought on “Days in the Bugis Land (1st day)”