Mari Wujudkan Mimpi Itu, Takita!


Dear Takita…

Membaca surat Takita membuat kakak ingat saat dulu kakak masih seumuran Takita. Sama seperti Takita, kakak juga sangat senang mendengar cerita. Bedanya, kakak udah nggak punya Ayah sejak umur satu tahun, dan Ibu hanya lulusan SD yang tak pandai bercerita. Untungnya, kakak punya mbak Sri, dan ia sangat pandai bercerita. Mbak Sri itu kakak aku yang nomer dua. Meski dia juga cuma lulusan SD, tapi dia pintar dan orangnya baik sekali. Dia suka bacain cerita buat kakak dari majalah atau buku dongeng bekas yang dia bawa dari tempatnya kerja.

Kakak paling senang kalau Mbak Sri bercerita tentang Putri Salju, Putri Tidur, atau tentang putri-putri yang lain. Kakak senang mendengar cerita tentang kerajaan, karena kakak bisa membayangkan betapa senangnya bisa tinggal di sebuah istana yang indah, tidak seperti rumah kakak yang dari kayu…hihi. Kakak dulu juga cerewet seperti Takita, sering bertanya kalau ada yang tidak paham. Tapi Mbak Sri tidak pernah marah, bahkan dengan sabar mau menjawab setiap pertanyaan kakak.

Setiap cerita yang Mbak Sri bacakan selalu membawa pesan kebaikan. Kakak jadi belajar membedakan mana yang baik dan mana yang tidak. Kakak belajar bahwa kebaikan akan selalu menang melawan kejahatan. Makanya sejak kecil kakak selalu berusaha jadi anak baik,selalu nurut apa kata ibu dan saudara-saudara. Kalau Ayah masih ada, kakak pasti juga menuruti kata-kata beliau ya…hehehe.

Selain itu, karena sering mendengar cerita, kakak jadi terbiasa mendengar orang lain bercerita. Makanya kakak betah kalau duduk di kelas mendengarkan guru yang sedang menjelaskan pelajaran, dan kalau tidak paham, kakak tidak takut bertanya. Kakak juga jadi suka membaca, karena kakak ingin tahu cerita-cerita lain yang belum sempat dibacakan oleh Mbak Sri. Membaca membuat kakak jadi lebih pintar, karena kakak jadi tahu banyak hal. Karena itu kakak tidak kesulitan kalau mengerjakan PR atau ujian. Kakak juga betah mendengarkan teman-teman kakak bercerita, makanya banyak teman kakak yang suka curhat sama kakak. Eh, Takita tahu nggak curhat itu apa? Hihihi..nanti tanya sama Bunda yaaa… 😉

Banyak sekali manfaat cerita ya, Takita. Cerita itu bisa membuat kita belajar berimajinasi, dan dari imajinasi itulah muncul mimpi. Kalau dulu kakak tidak terbiasa mendengar cerita, mungkin mimpi kakak tidak setinggi sekarang. Bahkan mungkin kakak tidak berani bermimpi. Wah, kalau kakak tidak berani bermimpi, kakak jadi apa ya sekarang? … Yang pasti kakak tidak bisa kuliah setinggi sekarang ya…hehehe.

Kakak bangga sama Takita, punya mimpi yang begitu bagus dan mulia. Kakak juga memimpikan hal yang sama, pengin anak-anak Indonesia punya kesempatan mendengar cerita seperti Takita. Kalau orang tua mereka tidak bisa atau tidak sempat bercerita, semoga ada orang-orang sekitar yang peduli dan mau meluangkan waktunya. Meski sekarang kakak belum punya anak…tapi kakak punya ponakan-ponakan yang pintar dan lucu kayak Takita. Kakak mau belajar bercerita sama mereka, biar mereka juga berani bermimpi kayak Takita.

Oiya… Kakak juga punya komunitas, namanya Komunitas Jendela. Sama kayak kakak-kakak Takita di Indonesia Bercerita, komunitas kakak ini juga punya mimpi untuk anak-anak Indonesia, yaitu pengin anak-anak Indonesia lebih mencintai buku. Kakak-kakak di Komunitas Jendela pengin anak-anak Indonesia lebih rajin membaca, agar bangsa kita ini jadi bangsa yang pintar. Kalau anak pintar kan nggak gampang dikerjain sama anak-anak nakal ya sayang.. Kalau bangsa Indonesia pintar kan pasti juga gitu, nggak gampang dibohongin dan dikerjain sama bangsa yang nakal..hehehe.

Nanti kapan-kapan aku kenalin sama temen-temen kakak di Komunitas Jendela ya. Nanti surat Takita aku kasih lihat juga ke mereka, biar makin banyak yang bantu wujudin mimpi Takita. Minimal bantu doa ya…hihihi.

Ahh..senang sekali bisa nulis surat balasan buat Takita. Semoga mimpi Takita, mimpi kakak juga, bisa terwujud ya… Yuk, mari sama-sama wujudkan mimpi itu, Takita!

Salam peluk & cium dari jauh,

Kak Prie

Advertisements

One thought on “Mari Wujudkan Mimpi Itu, Takita!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s