Catatan relawan (part 1)


Untuk teman2 relawan Merapi…sudah seminggu lebih kita berjibaku demi menolong para survivor (pengungsi) di berbagai titik barak pengungsian. Di antara kita mungkin sudah mulai muncul rasa lelah, rasa jenuh, bingung dengan banyaknya kebutuhan sementara jumlah relawan terbatas…dan berbagai keluhan yang lain. So,,,jangan terlalu memforsir diri kalian, baik fisik maupun mental. Keadaan Merapi masih belum bisa dipastikan aman. Pengungsian masih akan bertahan paling tidak dalam dua pekan ke depan. Tenaga kita masih dibutuhkan, kawan. Jangan sampai kita tumbang. Ingatlah,,,relawan juga manusia biasa. Relawan juga sebagian -bisa jadi- survivor Merapi juga.

Pesanku untuk teman2 relawan semua:

1. Sempatkanlah – meski sebentar – untuk tidur/istirahat. Meski jumlah relawan kurang, sementara pekerjaan banyak yang masih harus diselesaikan, tetap jangan lupakan istirahat. selalu ingat bahwa bantuan tenaga dan pikiran kita masih akan dibutuhkan banyak orang dalam beberapa waktu ke depan.

2. Selalu ingat makan – meski cuma sedikit dan seadanya. Kalau bisa sesekali cari makan yang enak. makan enak itu reward untuk tubuh kalian yang selalu dipakai kerja berat. Mungkin kalian gak kepikiran makan melihat kondisi orang2 di pengungsian. But guys, always remember kalo tenaga kalian SANGAT dibutuhkan. Kalian tetap harus sehat kalo kalian mau bantu banyak orang.

3. Ceritakanlah apa yang kalian rasakan ke sesama relawan (=curhat)..selain bisa mengurangi beban, juga bisa untuk evaluasi program. kalau kalian tak sempat saling cerita,,,tuliskanlah…sesederhana apapun tulisan itu.

4. Kalau kalian benar2 tak ada waktu untuk sekedar berbagi cerita…duduklah tenang barang sebentaaarrr saja,,,usai beribadah mungkin. Duduklah dalam posisi rileks dan nyaman, atur nafas kalian setenang mungkin. hitung nafas kalian daalam waktu sekitar 1 menit. Nafas tenang adalah hitungan 5-6 tarikan nafas dalam satu menit. Atur pelan2 agar nafas kalian tenang. tenangnya tarikan nafas akan menenangkan kerja jantung teman2, yang juga akan menenangkan aliran darah ke seluruh tubuh, dan terutama ke otak. Suplay darah yang optimal akan membuat kalin juga bisa berpikir tenang, dan kalian jadi lebih rileks.

Untuk teman2 yang muslim, janganlah shalat terburu2…shalatlah dengan tuma’ninah,,dengan tenang..karena shalat juga bisa jadi media relaksasi kalo dilakukan dengan cara yang benar

5. Kalau mengirimkan bantuan, usahakan melibatkan pengungsi. Misalnya menurunkan bantuan logistik, bantu dirikan tenda, bantu bersih2…bikin program psikologis, dan sebagainya. Sebisa mungkin libatkan tokoh2 masyarakat yang ada di pengungsian (guru, ibu PKK, pak RT, ketua pemuda, dan sebagainya). funginya:

a. Membantu me-reorganisasi struktur sosial masyarakat yang sempat kacau karena harus mengungsi

b. mempertahankan keberfungsian masing2 individu di pengungsian. Dengan tetap berfungsi, masing2 orang akan lebih percaya diri dan optimis dalam memandang masa depan. ini bisa untuk mengurangi stress jangka panjang bagi para survivor.

c. dengan ikut beraktivitas, para survivor akan terhindar dari rasa jenuh di pengungsian

Sementara ini dulu catatannya. tetap semangat untuk teman2 relawan. Apa yang kalian lakukan sangat bermanfaat untuk mereka yang butuh bantuan.

Always keep YOUR HEAD ON, YOUR HEART ON, and YOUR HAND ON…

Jaga hati, jaga otak….tetap semangat dan jaga kesehatan!!!

*keep praying for Indonesia…^_^

Kos sepi, 11 November 2010

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s